BMKG Siap Sukseskan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

BMKG Siap Sukseskan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan mengerahkan seluruh sumber daya guna menyukseskan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN.

KTT ke-42 ASEAN itu akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (9/5) hingga Kamis (11/5).

Ini merupakan kelima kalinya Indonesia dipercaya dan didapuk untuk memegang Keketuaan ASEAN. Kali ini, Indonesia mengusung tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’.

Tema itu bermakna bahwa Indonesia sangat menginginkan ASEAN bisa tetap menjadi penting dan relevan bagi seluruh masyarakat dan dunia.

Oleh karena itu, BMKG telah melakukan persiapan agar event tersebut berjalan dengan baik, lancar, dan sukses.

"Setelah KTT ke-17 G20, Moto GP Mandalika, dan F1 Powerboat, kami juga akan berkontribusi dalam perhelatan KTT ASEAN 2023," ujar Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG dalam keterangannya, Senin (1/5).

Dwikorita mengatakan, sejumlah rencana telah disusun untuk mendukung sukses penyelenggaraan Keketuaan ASEAN 2023. Di antaranya, secara berkelanjutan melakukan pembaharuan informasi cuaca, iklim, dan gempa bumi di seluruh lokasi acara.

BMKG akan menempatkan sejumlah peralatan untuk memonitor dan mendeteksi dini potensi gempa dan tsunami, beserta Sistem Peringatan Dini Potensi Karhutla, Cuaca Ekstrem, Gelombang Ekstrem, serta Potensi Tsunami di seluruh wilayah KTT ASEAN.

BMKG siap menyukseskan KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, dengan mengerahkan seluruh sumber daya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News