BNN Antisipasi Masuknya Narkoba Jenis Baru

BNN Antisipasi Masuknya Narkoba Jenis Baru
BNN Antisipasi Masuknya Narkoba Jenis Baru
JAKARTA - Munculnya zat narkoba jenis baru tiap tahun, tidak akan membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) kecolongan. Hal ini terungkap dari pernyataan Direktur Advokasi Deputi Bidang Pencegahan BNN Brigjen Pol Victor Pudjiadi di Kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (16/5).

Ia mengatakan, pihaknya selalui siap dalam menangani dan mengantisipasi masuknya zat narkoba jenis baru. “Tiap tahun memang selalalu keluar jenis baru. Apalagi tahun ini ada 251 narkoba jenis baru. Tapi menurut undang-undang, menteri kesehatan setiap saat dapat mengeluarkan daftar obat baru, jadi sudah diantisipasi,” bebernya.

Dikatakannya, narkoba jenis baru itu golongan efek obat masih termasuk dalam kategori narkotika, yakni stimulan, depresan dan halusinogen. “Golongannya tetap sama, hanya berbeda nama saja,” tambah Victor.

Lanjutya, untuk obat stimulan memberi efek segar, depresan memiliki efek mabuk serta halusinogen memberi efek khayal. “Semua itu (narkoba jenis baru) sudah ada dalam daftar BNN dan bisa ditindak jika ditemukan adanya penyalahgunaan. Obat yang baru juga mengacu ke  dalam grup-grup tertentu dan turunan dari mana, jadi bisa dimasukkan ke dalam daftar untuk ditindak,” tutup Victor. (ian/jpnn)

JAKARTA - Munculnya zat narkoba jenis baru tiap tahun, tidak akan membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) kecolongan. Hal ini terungkap dari pernyataan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News