BNPB Ingatkan Bahaya Lahar Dingin Sinabung

BNPB Ingatkan Bahaya Lahar Dingin Sinabung
BNPB Ingatkan Bahaya Lahar Dingin Sinabung

jpnn.com - JAKARTA - Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan warga di sekitar Gunung Sinabung, di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara untuk mewaspadai lahar dingin dari gunung api yang tengah bergolak itu. Sebab, lahar dingin dikhawatirkan bakal menerjang permukiman warga.

"Ancaman lahar dingin cukup besar tapi saat ini masih fluktuatif ya," ujar Kepala BNPB Syamsul Maarif di kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, (15/1).

Syamsul menjelaskan, saat ini lahar dingin dari kawah Sinabung masih melewati sungai-sungai di sekitarnya. Namun, ada kemungkinan bisa mencapai permukiman warga yang berada di sekitar sungai.

Syamsul menambahkan, saat ini aktivitas Sinabung masih fluktuatif. Oleh karena itu, radius 5 kilometer dari pusat letusan telah dikosong. Dampaknya, 26.088 jiwa harus mengungsi.

"Jadi tadi sempat disampaikan kolomnya saja sudah sampai 7 kilometer. Kemudian radius 5 kilometer harus dikosongkan Sudah saya laporkan Presiden. Beliau memerintahkan saya untuk lebih aktif lagi," tandas Syamsul.(flo/jpnn)


JAKARTA - Badan Nasional Penangggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan warga di sekitar Gunung Sinabung, di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News