BNPT Punya Peran dalam Penanggulangan Kasus ACT

BNPT Punya Peran dalam Penanggulangan Kasus ACT
Kepala BNPT Boy Rafli Amar menjelaskan peran pihaknya dalam penanggulangan kasus ACT. Foto: Dea Hardianingsih/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Boy Rafli Amar mengatakan pihaknya berperan dalam pengusutan kasus dugaan penyelewengan dana amal oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dia menjelaskan BNPT memberikan masukan dan berkoordinasi dengan penegak hukum serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam kasus tersebut.

"Banyak tentunya lembaga zakat yang kami harapkan sebagai lembaga yang memang mitra resmi pemerintah," kata Boy saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (2/8).

Dia mengaku tidak ingin kedermawanan masyarakat Indonesia salah sasaran dan dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu.

"Kami saat ini terus mengingatkan kepada elemen masyarakat, termasuk lembaga pengelola zakat. Jadi, kami banyak membuka ruang komunikasi masalah itu," tutur mantan Kapolda Papua tersebut.

Sebelum membuka ruang dialog dengan masyarakat, dia melanjutkan BNPT menyesuaikan informasi dengan lembaga-lembaga analisis transaksi keuangan.

"Jadi, baru nanti kami bicarakan dengan pihak-pihak masyarakat luas untuk mencegah agar tidak terjadi kesalahan dalam bederma," tutup Boy Rafli. (mcr9/jpnn)


Kepala BNPT Boy Rafli Amar mengatakan pihaknya memberikan peran dalam kasus dugaan penyelewengan dana amal yang melibatkan ACT.


Redaktur : M. Rasyid Ridha
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News