Bolehkah Salat Tahiyatul Masjid Saat Azan? Baca Selengkapnya Sebelum Pergi Jumatan!

Bolehkah Salat Tahiyatul Masjid Saat Azan? Baca Selengkapnya Sebelum Pergi Jumatan!
Bolehkah kita melaksanakan salat tahiyatul masjid saat muazin sedang mengumandangkan azan? Foto: ilustrasi/ Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah pertanyaan mengemuka terkait bolehkah menunaikan salat tahiyatul masjid saat seorang muazin sedang mengumandangkan azan.

Pendakwah Ustaz Abul Aswad al-Bayaty menjawab boleh.

Dia bahkan menyarankan agar segera menunaikan salat tahiyatul masjid saat azan, khususnya saat pelaksanaan Jumatan.

"Jadi dengan segera salat tahiyatul masjid meskipun masih azan diharapkan kita bisa mengikuti khotbah Jumat dari awal," kata Ustaz Abul Aswad dalam ceramahnya melalui channel @kliksunnah di Instagram yang dikutip Jumat (7/10).

Dia mengingatkan dalam melaksanakan ibadah sebaiknya jangan terbalik, yakni saat amalan yang wajib datang, kita malah mendahulukan yang sunah.

"Salat tahiyatul masjid itu hukumnya sunah, kalau mendengarkan khotbah Jumat dari awal itu hukumnya wajib. Jadi kalau ketika datang di masjid saat azan pas Jumatan, sebaiknya segera salat tahiyatul masjid agar kita bisa mendengarkan khotbah Jumat dari awal," terangnya.

Berbeda di luar pelaksanaan salat Jumat, dia menyarankan sebaiknya salat tahiyatul masjid dilaksanakan setelah selesai azan.

Tujuannya agar kita bisa melaksanakan tiga sunah saat mendengarkan azan, yakni menirukan azan, berdoa setelah azan dan membaca selawat Nabi yang diutamakan selawat Ibrahimmiyyah yang biasa kita baca setiap salat ketika tasyahud.

Bolehkah kita melaksanakan salat tahiyatul masjid saat muazin sedang mengumandangkan azan? Simak jawaban Ustaz Abul Aswad al-Bayaty

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News