Bos PTFI Optimistis Smelter Kedua Gresik Beroperasi Akhir Mei 2024

Bos PTFI Optimistis Smelter Kedua Gresik Beroperasi Akhir Mei 2024
Presiden Direktur PTFI Tony Wenas (kanan) dan Mendag Zulhas (kiri). Foto: dok PTFI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan optimistis smelter kedua PTFI akan mulai beroperasi pada akhir Mei 2024 dan secara bertahap ramp-up produksi penuh hingga Desember 2024.  

Dia menjelaskan bahwa progres smelter saat ini diperkirakan mencapai 83 perssn. 

"PTFI terus menyelesaikan beberapa pekerjaan guna penyelesaian konstruksi fisik pada akhir Desember 2023," kata Tony dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (28/11). 

Dia menjelaskan pada awal 2024, akan dilakukan pre-commissioning dan commissioning untuk memastikan seluruh peralatan dan fasilitas berfungsi.  

"Kami optimistis proyek pembangunan smelter akan selesai sesuai jadwal," katanya. 

PTFI menanamkan investasi 2,9 miliar dolar AS atau setara Rp 43 triliun per akhir Oktober 2023, dari total anggaran USD 3 miliar untuk pembangunan smelter kedua Gresik.   

"Harapan kami relaksasi ekspor konsentrat tembaga dapat terus diberikan sampai smelter tersebut beroperasi penuh," kata Tony.

Dia menyebutkan setelah beroperasi penuh, smelter mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600 ribu ton per tahun. 

Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mengatakan optimistis smelter kedua PTFI akan mulai beroperasi pada akhir Mei 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News