BPBD: Gempa Malang Dirasakan Warga Bantul Yogyakarta, Aman Terkendali

BPBD: Gempa Malang Dirasakan Warga Bantul Yogyakarta, Aman Terkendali
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan parameter gempa magnitudo 6,1 yang berpusat di laut dengan jarak 96 kilometer arah selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang. Ilustrasi: Antara

jpnn.com, BANTUL - Warga Bantul, Yogyakarta, merasakan guncangan gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang berpusat di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10 /4) pukul 14.00 WIB.

"Iya lumayan gempanya, di Bantul guncangan dirasakan 3 MMI (modified mercalli intensity)," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Bantul Aka Luk Luk Firmansyah saat dikonfirmasi.

Episenter gempa bumi yang terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 KM arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 KM tersebut, dirasakan warga Bantul, kabupaten yang berbatasan dengan laut selatan.

Firmansyah mengatakan, namun demikian guncangan gempa tersebut sejauh ini tidak mengakibatkan kerusakan bangunan di Bantul, sehingga kondisi tetap aman terkendali.

"Hampir dirasakan oleh kebanyakan orang, terasa goyangan pelan. Untuk sementara aman terkendali," katanya.

Sementara itu, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, pada Sabtu (10/4) pukul 14.00 WIB wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa diguncang gempa tektonik, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi ini memiliki magnitudo M=6,7 kemudian diupdate menjadi magnitudo Mw=6,1.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,83 LS dan 112,5 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 96 KM arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 80 KM.

"Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Turen V MMI, Karangkates, Malang, Blitar IV MMI, Kediri, Trenggalek, Jombang III-IV MMI, Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar III MMI, Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara II MMI," katanya dalam siaran pers.

Warga Bantul, Yogyakarta, merasakan guncangan gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang berpusat di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News