BPIP dan Universitas Terbuka Siap Berkolaborasi dalam Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila

BPIP dan Universitas Terbuka Siap Berkolaborasi dalam Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila
Wakil Ketua BPIP Karjono Atmoharsono (tiga dari kanan) saat menerima audiensi Wakil Rektor UT Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis Rahmat Budiman dan jajarannya, Senin (29/5). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono Atmoharsono menyampaikan perlunya kerja sama BPIP dengan perguruan tinggi, termasuk Universitas Terbuka (UT).

Hal ini disampaikan Karjono Atmoharsono saat menerima audiensi Wakil Rektor UT Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis Rahmat Budiman, Senin (29/5).

BPIP dan Universitas Terbuka Siap Berkolaborasi dalam Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila

Wakil Ketua BPIP Karjono Atmoharsono. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

Menurut Karjono, kerja sama BPIP dan UT menjadi hal yang sangat strategis dalam penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Standar Pendidikan Nasional.

"UT itu universitas terbanyak mahasiswa dan alumninya di Indonesia," kata Karjono Atmoharsono yang juga Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UT Jakarta.

Dia menyampaikan perguruan tinggi memiliki peran strategi dalam membangun pendidikan yang dilaksanakan atas falsafah negara diarahkan untuk membentuk manusia Indonesia yang berjiwa Pancasila, sehat jasmani dan rohaninya, memiliki pengetahuan dan keterampilan.

"Kemudian dapat mengembangkan kecerdasan yang tinggi disertai budi pekerti yang luhur, mencintai bangsa, dan negara dan mencintai sesama manusia," ujar Karjono.

Karjono juga menjelaskan peranan perguruan tinggi dalam usaha pembangunan mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau yang disebut Tri Darma Perguruan Tinggi.

Wakil Ketua BPIP Karjono Atmoharsono menilai kolaborasi dengan Universitas Terbuka memiliki nilai strategis, salah satu dalam aktualisasi nilai Pancasila

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News