BPJS Kesehatan Mulai Uji Coba 4 Rumah Sakit dengan Sistem Global Budget

BPJS Kesehatan Mulai Uji Coba 4 Rumah Sakit dengan Sistem Global Budget
Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan Mahlil Ruby saat kegiatan Penyerahan Simbolis Uang Muka Uji Coba Pengembangan Sistem Pembayaran global budget kepada 4 rumah sakit di Kabupaten Klungkung, Rabu (22/09).

jpnn.com, KLUNGKUNG - BPJS Kesehatan mulai melakukan uji coba 4 rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Klungkung ke dalam sistem global budget.

Adapun empat rumah sakit yang dilakukan uji coba di antaranya RSUD Klungkung, RSUD Gema Santi, RSU Bintang dan RSU Permata Hati. Sementara itu, RSU Graha Bakti Medika akan menyusul kemudian.

Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan Mahlil Ruby mengatakan sistem global budget ini dilakukan untuk mencari solusi atas tantangan keseimbangan antara mutu dan biaya pelayanan Kesehatan.

Mahlil menjelaskan global budget merupakan salah satu sistem pembayaran rumah sakit berdasarkan pada sejumlah besaran anggaran atau biaya dari hasil negosiasi yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Menurut dia, hal itu untuk mempertimbangkan jumlah pelayanan dalam kurun waktu 3 tahun sebelumnya, rencana yang akan dilakukan dan kinerja dari rumah sakit tersebut.

Sistem terbaru itu juga memberikan fleksibilitas bagi rumah sakit dalam melakukan pengelolaan dan restrukturisasi anggaran sesuai dengan prioritas kebutuhan dan keleluasaan dalam improvisasi pemanfaatan biaya pelayanan kesehatan demi meningkatkan kualitas layanan medis bagi para peserta JKN.

“Saya sampaikan kepada Bupati Klungkung serta jajaran di Pemerintah Kabupaten Klungkung dan pihak rumah sakit atas komitmennya untuk menjadi kabupaten uji coba global budget,” ungkap Mahlil di Kabupaten Klungkung.

Mahlil menambahkan sistem tersebut adalah salah satu bentuk pengembangan sistem pembayaran kepada rumah sakit yang tetap mengacu kepada INA CBGs.

Uji coba tersebut, lanjut dia, dilakukan di 70 rumah sakit yang tersebar di 13 kabupaten dan kotamadya termasuk 4 di antaranya di Kabupaten Klungkung.

BPJS Kesehatan mulai melakukan uji coba 4 rumah sakit yang berada di wilayah Kabupaten Klungkung ke dalam sistem global budget.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News