BPKP Ikut Awasi Tes CPNS

BPKP Ikut Awasi Tes CPNS
BPKP Ikut Awasi Tes CPNS

jpnn.com - SURABAYA – Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkot Surabaya dimulai Senin (6/10). Ujian untuk memperebutkan 116 jabatan itu diawasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pemerintahan (BPKP) Jatim.

Eddy Sapantri, salah seorang pengawas, menyatakan bahwa instansinya bakal memantau hingga akhir prosedur tes. Yakni, pemusnahan soal yang tersimpan di komputer. Dia menuturkan, tes kemarin berlangsung lancar. Semuanya sesuai standar pelaksanaan. Hanya ada beberapa peserta yang tidak hadir. Pada gelombang pertama, ada 16 orang yang absen. Dua di antaranya terpaksa tidak boleh ikut tes karena terlambat melebihi toleransi waktu lima menit.

Tes CPNS hari pertama itu dihadiri seribu peserta. Mereka mengikuti lima sesi tes dengan memakai komputer. Sebanyak 90 soal kudu rampung dalam 100 menit. Sejumlah peserta merasa durasi tersebut mepet. ”Ada soal wacana yang butuh pemahaman lebih. Itu butuh waktu banyak,” ungkap Nanang Syafi’udin, 28, asal Tuban.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya Mia Santi Dewi mengungkapkan bahwa seluruh soal dibuat tim khusus yang beranggota 17 perguruan tinggi negeri. Mereka telah menguji soal itu terlebih dahulu. ”Level kesulitannya memang telah disesuaikan dengan standar kemampuan pelamar yang dibutuhkan,” ujarnya. (jun/c6/dos)


SURABAYA – Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkot Surabaya dimulai Senin (6/10). Ujian untuk memperebutkan 116 jabatan itu diawasi Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News