BRGM Beri Bantuan Pengadaan Kandang Ayam untuk Warga Tapin

BRGM Beri Bantuan Pengadaan Kandang Ayam untuk Warga Tapin
Masyarakat sedang mengerjakan kadang untuk budi daya ayam potong di di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Foto: BRGM

jpnn.com, TAPIN - Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan program revitalisasi mata pencaharian masyarakat dengan memberikan bantuan usaha berupa pengadaan kandang budi daya ayam potong.

Bantuan senilai Rp 100 juta tersebut diberikan kepada Kelompok Masyarakat (Pokmas) Galam Bersatu di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

“Bantuan itu kami gunakan untuk membuat kandang ayam berukuran 8x40 meter," ujar Ketua Pokmas Galam Bersatu, Ulu Nurdin dalam siaran persnya, Kamis (9/12).

"Kami juga sebenarnya bisa memilih, apakah akan ternak itik, ayam atau yang lainnya, tetapi kami memilih untuk beternak ayam broiler, dengan cara bermitra dengan perusahaan,“ sambungnya.

Menurut Nurdin, kegiatan program dari BRGM itu merupakan yang kedua kalinya. 

Bantuan pertama pada 2019 lalu, senilai Rp100 juta untuk pembuatan kandang ayam yang mampu menampung 3.000 ekor ayam.

“Bantuan kedua ini diberikan BGRM karena kami ingin mengelola bantuan pertama dan dikelola secara berkelanjutan” ungkap Nurdin.

Pihaknya menyebut, ayam broiler sudah bisa panen di usia 32 hari. Dalam sekali panen, kelompoknya bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp 10 juta.

BRGM memberikan bantuan usaha berupa pengadaan kandang budi daya ayam potong untuk warga Tapin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News