BRI Dorong UMKM Go Global Lewat BRILianpreneur 2021

BRI Dorong UMKM Go Global Lewat BRILianpreneur 2021
Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso dalam Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILIAN PRENEUR 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (1/12). Foto: jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional sangat besar dengan menempati 99 persen dari total perekonomian Indonesia.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Sunarso dalam Press Conference UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (1/12).

"Sektor juga UMKM memberi kontribusi 61 persen pada Produk Domestik Bruto (PDB) dan menyerap tenaga kerja mencapai 97 persen dari total tenaga kerja," ujarnya.

Menurut dia ada dua tujuan BRI dalam mendukung UMKM di pasar global.

"Pertama, jika omzetnya naik, maka UMKM dapat menyerap banyak tenaga kerja dan ini tentunya akan memperbaiki neraca pembayaran," kata Sunarso.

Sunarso kemudian memaparkan BRI yang memiliki portofolio total kredit 80,5 persen di sektor UMKM.

"Apa saja yang diedukasi? Pertama adalah kita masih memiliki isu-isu menyangkut spirit entrepreneurship. Orang memang gampang mengambil bagian dalam UMKM tetapi, apakah mereka memiliki semangat kewirausahaan yang memadai?" tuturnya.

Selain itu, Sunarso mengatakan pelaku usaha harus terbiasa menjalankan usahanya dengan administrasi dan manajerial yang baik mendapatkan kesempatan aksesibilitas.

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian nasional sangat besar dengan menempati 99% dari total perekonomian Indonesia.