Bromo Erupsi, Mbah Dukun Pastikan Tetap Gelar Larung Sesaji

Bromo Erupsi, Mbah Dukun Pastikan Tetap Gelar Larung Sesaji
Gunung Bromo yang erupsi, ritual larung sesaji di upacara Kasada di Gunung Bromo tetap akan dilaksanakan. Foto: Py/ Memorandum

jpnn.com - MESKI Gunung Bromo sedang rajin erupsi, perayaan Yadya Kasada 2016 tetap akan digelar.  Ritual larung sesaji di mulut kawah tetap akan dilakukan Kamis (21/7) dini hari mendatang.

Koordiator Dukun Tengger, Sutomo mengatakan, semua rangkaian Kasada akan dilakukan secara normal. 

Termasuk larung sesaji hasil bumi di puncak kawah."Tidak ada pembatasan warga Suku Tengger yang naik ke puncak," katanya, Jumat (15/7) siang.

Dukun asal Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo itu menjelaskan, ritual kasada akan diikuti oleh seluruh warga Suku Tengger, baik yang ada di Probolinggo, Pasuruan, Lumajang maupun Malang. 

Sesuai jadwal, perayaan kasada akan dimulai Rabu (20/7) mendatang, dengan acara resepsi Yadnya Kasada di Pendopo Agung Desa Ngadisari, pukul 19.00 WIB. 

Pemberangkatan dan persiapan upacara ritual Yadnya Kasada akan dilakukan  pada Kamis keesokan harinya, pada pukul 02.00 WIB dini hari.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, secara visual cuaca di kawasan Gunung Bromo cerah-mendung, angin tenang dengan suhu 9-20 derajat celcius.

Cuaca Gunung Bromo cerah-mendung, angin tenang-sedang, suhu 9-19°C. Hujan gerimis-sedang(3.6 mm). Gunung Bromo  nampak jelas-kabut. 

MESKI Gunung Bromo sedang rajin erupsi, perayaan Yadya Kasada 2016 tetap akan digelar.  Ritual larung sesaji di mulut kawah tetap akan dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News