BSSN Hadiri United States-Asean Business Council

BSSN Hadiri United States-Asean Business Council
Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) Hinsa Siburian menghadiri kegiatan United States-Asean Business Council (US-ABC) Business Mission 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, pada Rabu (24/8). Foto dok BSSN

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) Hinsa Siburian menghadiri kegiatan United States-Asean Business Council (US-ABC) Business Mission 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, pada Rabu (24/8).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ambassador Ted Osius selaku President & CEO US-ASEAN Business Council.

Ted berharap pertemuan tersebut bisa mempererat kerja sama yang telah terjalin terkait keamanan siber dan akan semakin banyak lagi kerja sama atau kolaborasi yang dapat dilakukan oleh BSSN dan US-ABC kedepannya.

“Pertemuan ini bukanlah pertemuan pertama bagi BSSN dan US-ABC, selain itu telah banyak juga kerja sama dan kolaborasi yang terjalin sebelumnya. Kami berharap diskusi pada pertemuan ini dapat mempererat dan menciptakan kerja sama lainnya untuk ke depan,” tutur Ted.

Sementara Hinsa mengatakan pertemuan itu sebagai bentuk komitmen US–ABC dan perusahaan anggota dalam mendukung perekonomian Indonesia, serta dapat mempererat kerja sama yang telah terbangun dan saling menguntungkan kedua pihak.

Sesuai dengan tugas dan fungsi BSSN untuk mewujudkan ruang siber yang aman di Indonesia, BSSN terus mengoordinasikan semua pemangku kepentingan untuk ikut berpartisipasi aktif demi terciptanya ruang siber nasional, regional, dan global yang aman dan tepercaya yang berkontribusi pada keamanan dan perekonomian nasional.

Saat ini terdapat beberapa hal yang menjadi kegiatan prioritas kami di BSSN, antara lain pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) di berbagai Kementerian/Lembaga/Daerah dan sektor strategis, serta Pengembangan dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Keamanan Siber.

Di tengah semakin meningkatnya ancaman dan serangan siber seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), peran CSIRT menjadi semakin penting dan Sumber Daya Manusia keamanan siber yang profesional menjadi kunci kesuksesan operasional CSIRT dalam mendukung pengamanan di ruang siber.

BSSN terus mengoordinasikan semua pemangku kepentingan untuk ikut berpartisipasi aktif demi terciptanya ruang siber nasional, regional, dan global yang aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News