Bu Netty Ingatkan Bahaya Jajanan Chiki Ngebul Mengandung Nitrogen Cair

Bu Netty Ingatkan Bahaya Jajanan Chiki Ngebul Mengandung Nitrogen Cair
Netty Prasetiyani. Foto: Foto: DPR.go.id

jpnn.com, BANDUNG - Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mengingatkan bahaya jajaran Chiki Ngebul yang mengandung nitrogen cair.

Bu Netty pun meminta pemerintah mengawasi langsung peredaran jajanan atau makanan ringan Chiki Ngebul yang membuat sejumlah anak keracunan.

"Penggunaan bahan berbahaya nitrogen cair pada makanan berisiko bagi tubuh, terutama untuk anak-anak," ucap Netty melalui keterangan tertulis di Bandung, Selasa (10/11).

Oleh karena itu, dia meminta aparatur pemerintah turun ke lapangan melakukan pengawasan agar penggunaan nitrogen cair pada makanan tidak dilakukan secara sembarangan dan bebas.

Pengawasan itu penting karena anak-anak tidak tahu dan tidak mengerti mana jajanan yang baik dan mana yang berbahaya bagi kesehatan mereka.

"Anak-anak umumnya tertarik pada warna, bentuk atau keunikan makanan. Kita khawatir ada jenis jajanan lain yang juga mengandung zat berbahaya bagi tubuh," tuturnya.

Sebelumnya 24 anak di Tasikmalaya dan empat lainnya di Bekasi yang dilaporkan keracunan makanan yang diduga berasal dari jajanan Chiki Ngebul.

Untuk itu Netty meminta BPOM melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lapangan, karena mayoritas pedagang Chiki Ngebul menurutnya tidak tahu bahaya dari nitrogen cair yang dicampur ke dalam makanan.

Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani mengingatkan bahaya jajanan Chiki Ngebul yang mengandung nitrogen cair. Sudah ada korban di Tasikmalaya dan Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News