Bu Risma Punya Cara Melawan Virus Corona

Bu Risma Punya Cara Melawan Virus Corona
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyiapkan software (perangkat lunak) atau situs yang diberi nama Lawan Covid-19 berisikan informasi atau petunjuk cara mengantisipasi ataupun melawan persebaran Covid-19.

"Kami akan buat situs itu, saya berharap seluruh warga Surabaya mengikuti ini. Kami usahakan semua bisa diakses melalui mobile apps. Sehingga masyarakat bisa mengetahui progresnya dan apa yang harus dilakukan sedini mungkin," kata Risma di rumah dinasnya, Minggu (15/3).

Selain itu, Risma mengimbau seluruh masyarakat untuk saling melindungi diri salah satunya yakni dengan cara meminimalisir kontak atau hubungan langsung dengan orang lain, seperti berjabat tangan langsung atau mendatangi tempat keramaian.

Ia mengatakan, saat ini protokol kehidupan sehari-hari sangatlah berbeda dengan sebelumnya, baik kehidupan yang mendasar di lingkungan keluarga, tempat kerja hingga fasilitas umum. Hal ini sebagai upaya untuk mengantisipasi persebaran Virus Corona atau COVID-19 lebih luas di tengah masyarakat.

"Protokolnya memang ada yang berubah, seperti kita tidak boleh bersalaman. Karena itu saya harap semua tidak perlu saling tersinggung atau marah," katanya.

Ia mencontohkan apabila di tempat ibadah ada seseorang yang tidak mau menggunakan karpet untuk salat, maka dia juga berupaya untuk melindungi semua. Menurutnya, hal yang dilakukan itu juga sebagai upaya untuk melindungi semuanya.

"Kalau pun toh orang di tempat ibadah, misal di masjid tidak mau menggunakan karpet, kita tidak perlu tersinggung, karena dia melindungi kita juga," katanya.

Namun begitu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar terus menjaga pola hidup bersih dan sehat. Salah satunya dengan cara rajin mencuci tangan menggunakan hand sanitizer.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengimbau masyarakat untuk saling melindungi diri salah satunya dengan cara meminimalisir kontak atau hubungan langsung dengan orang lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News