Bu Risma Sujud, Begini Komentar Ketua DPRD Surabaya

Bu Risma Sujud, Begini Komentar Ketua DPRD Surabaya
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Foto: Antara

jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang biasa disapa Bu Risma, melakukan sujud sembari menangis saat audiensi dengan para Ikatan Dokter Indonesia (IDI) terkait penanganan COVID-19 di Balai Kota Surabaya, Senin (29/6).

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menanggapi tindakan Bu Risma itu.

Menurutnya, apa yang dilakukan Bu Risma merupakan aksi spontan permintaan maaf sebagai pemimpin ketika ada sebagian masyarakat yang belum taat protokol kesehatan, sehingga membuat para tenaga medis di RSUD Dr. Soetomo milik Pemprov Jatim kewalahan.

"Kan itu konteks pertemuannya, para dokter meminta masyarakat disiplin. Kalau di hulu atau di masyarakatnya disiplin, di hilir alias penanganan kuratifnya di rumah sakit bisa dikelola dengan baik, tidak overload. Nah saya rasa karena itu Bu Risma itu minta maaf karena belum bisa membuat semua warga disiplin taat protokol kesehatan," katanya.

Menurut Adi, sebagai pemimpin, sikap Risma itu merupakan sikap yang baik karena semua kesalahan yang mungkin warga lakukan terkait ini, dia yang tanggung.

"Jadi tidak menyalahkan masyarakat, tetapi meminta maaf karena belum semua warga taat protokol kesehatan. Bu Risma tidak ingin warganya yang disalahkan. Maka beban itu ia tanggung di pundaknya. Pemimpin kan memang harus begitu," ujarnya.

Selain itu, lanjut Adi, permintaan maaf Risma lewat aksi sujud itu juga sebagai bentuk tanggung jawab moral bahwa dia sebagai pemimpin belum bisa membantu optimal ke RSUD dr Soetomo karena permasalahan wewenang.

"Saya melihatnya itu sebagai bentuk permintaan maaf Bu Risma, bahwa dia sudah mencoba membantu, tetapi kan tidak bisa masuk ke RSUD Dr. Soetomo karena bukan wewenangnya," ujar Adi.

Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono mengomentari tindakan Tri Rismaharini yang akrab disapa Bu Risma, yang melakukan sujud di depan para dokter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News