Buat yang Mau Nyoblos Besok, Dengar Imbauan Ketum MUI Ini

Buat yang Mau Nyoblos Besok, Dengar Imbauan Ketum MUI Ini
Ketum MUI KH Ma'ruf Amin. Foto: Imam Husein/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin mengimbau agar masyarakat menggunakan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang amanah dalam pilkada serentak di 171 daerah, Rabu (26/6) besok.

"Pilihlah pemimpin yang amanah. Buat umat Islam, pilih pemimpin di daerah yang akan melaksanakan tugas untuk menjaga nilai-nilai agama," ujar Kiai Ma'ruf, Selasa (26/6).

Dia berharap, pilkada serentak tidak menjadi ancaman buat persatuan NKRI. "Pilihan boleh berbeda tetapi semangat persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa harus tetap terpelihara dan terjaga," pungkas Kiai Ma'ruf.

Berikut di bawah ini lima imbauan dari Kiai Ma'ruf. (esy/jpnn)

5 Imbauan Ketum MUI jelang Pilkada Serentak 2018:

1. Kepada seluruh masyarakat khususnya umat Islam untuk menggunakan hak konstitusionalnya dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan dengan niat yang ihlas karena semata untuk melaksanakan ibadah. Pilkada hakekatnya merupakan ikhtiar untuk memilih pemimpin di daerah yang akan melaksanakan tugas untuk menjaga nilai-nilai agama dan untuk membawa kesejahteraan bagi masyarakat.

2. Menghormati dan menghargai perbedaan pilihan dengan sikap rendah hati, toleransi dan saling memuliakan. Harus mendahulukan kepentingan nasional di atas kepentingan kelompok dan golongan. Menjunjung tinggi semangat persaudaraan, baik persaudaraan keislaman (ukhuwah Islamiyyah), maupun persaudaraan kebangsaan (ukhuwah wathoniyyah)

3. Meminta kepada pasangan calon, partai politik, dan tim sukses untuk menjauhkan diri dari praktik politik kotor seperti kampanye hitam, menyebarkan berita bohong (hoaks), ujaran kebencian, fitnah, adu domba dan politik uang.

KH Ma'ruf Amin berharap pilkada serentak di 171 daerah Rabu besok bukan menjadi ancaman buat persatuan NKRI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News