Buat yang Nanya Kenapa Jokowi Fokus di Infrastruktur, Baca!

Buat yang Nanya Kenapa Jokowi Fokus di Infrastruktur, Baca!
Presiden Joko Widodo. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab pertanyaan besar masyarakat mengapa pemerintah saat ini begitu fokus dalam pembangunan infrastruktur.

Jokowi menganggap infrastruktur bisa membangun peradaban, daya saing, dan keadilan sosial di tengah-tengah masyarakat.

"Perlu saya sampaikan bahwa infrastruktur bukan hanya fisiknya, tetapi banyak hal yang akan muncul dan berkembang karena dibangunnya infrastruktur," kata Jokowi saat meresmikan terminal Bandara Kuabang, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara, Rabu (24/3).

Jokowi mengatakan, banyak pihak tidak menyadari bahwa infrastruktur membangun peradaban. Dia mencontohkan masyatakat Halmahera Utara menuju Sofifi harus berjalan kaki pada zaman dulu. Sekarang, jalan umum sudah dibangun sehingga rakyat bisa menggunakan kendaraan.

"Dan misalnya sekarang ada bandara, artinya apa? Kita disiplin harus tepat waktu karena datang ke bandara untuk terbang ke kota lain dan waktunya jamnya sudah ditentukan, kalau tidak (tepat waktu) akan ditinggal pesawat. Itu juga membangun kedisplinan baru, membangun peradaban," kata Jokowi.

Selain itu, infrastruktur juga membangun daya saing rakyat Indonesia. Setiap daerah bisa terbuka dan bersaing dengan wilayah lainnya, bahkan negara-negara dunia.r

"Membangun infrastruktur bukan hanya melulu fisik, tidak. Tetapi juga membangun sebuah kompetisi, membangun competitiveness, daya saing dengan negara-negara lain," kata Jokowi.

Jokowi juga menilai pembangunan infrastruktur juga memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sebab, eks Gubernur DKI Jakarta itu kerap mendengar keluhan dari daerah mengapa pembangunan hanya terjadi di Jawa dan Sumatera saja. Karena itu, Jokowi juga fokus pembangunan di wilayah timur Indonesia.

Presiden Joko Widodo menjawab pertanyaan besar masyarakat mengapa pemerintah saat ini begitu fokus dalam pembangunan infrastruktur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News