Buaya Endemik Bengawan Solo Kembali Muncul di Bojonegoro, Warga Diminta Berhati-hati

Buaya Endemik Bengawan Solo Kembali Muncul di Bojonegoro, Warga Diminta Berhati-hati
Seorang petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Bojonegoro berupaya menangkap buaya endemik Bengawan Solo yang kembali muncul di Desa Kebonagong, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (14/3/2024). ANTARA/M Yazid

jpnn.com - BOJONEGORO - Seekor buaya endemik Bengawan Solo kembali muncul di Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

"Kemunculan buaya asli Bengawan Solo itu diketahui setelah adanya laporan masyarakat sekitar empat hari yang lalu, Senin (11/3)," kata Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Bojonegoro Zaenul Ma’arif di Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (14/3).

Setelah petugas mendatangi lokasi, buaya tersebut berada di tepi Bengawan Solo, tepatnya di belakang kandang kambing warga.

"Lokasi kemunculan buaya, sama seperti laporan dua bulan yang lalu. Kemungkinan buaya tersebut muncul lagi, karena kondisi banjir Bengawan Solo," katanya.

Arif, panggilan akrab Zainul Ma'arif, menjelaskan kemungkinan panjang buaya mencapai 1,6 meter, dan pergerakannya hanya di seputaran lokasi Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan, serta ke seberang Bengawan Solo yakni di Desa Tembeling, Kecamatan Kasiman.

"Buaya tersebut memakan biawak, tikus maupun ikan. Sementara ini hewan ternak warga masih aman dan masyarakat sekitar belum ada yang melapor kehilangan hewan ternaknya," tutur Arif.

Beberapa waktu lalu, petugas Damkarmat Kabupaten Bojonegoro juga sempat menangkap buaya dengan panjang 2,5 meter berjenis betina di pertemuan sungai besar dengan Bengawan Solo, atau lokasinya hanya sekitar 100 meter dari tempat kejadian perkara (TKP) kemunculan buaya saat ini. Buaya tersebut telah diserahkan ke BKSDA.

Lebih lanjut Arif mengatakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Dinas Damkarmat Kabupaten Bojonegoro telah memasang pengumuman terkait kemunculan buaya sejak dua bulan yang lalu.

Seekor buaya endemik Bengawan Solo kembali muncul di Bojonegoro, Jawa Timur. Warga diminta berhati-hati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News