JPNN.com

Budi Gunawan Layak Jadi Ketua Wantimpres

Kamis, 28 November 2019 – 02:11 WIB Budi Gunawan Layak Jadi Ketua Wantimpres - JPNN.com
Kepala BIN Budi Gunawan mengenakan topi adat Papua saat bersama para tokoh dari Bumi Cenderawasih menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (10/9). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Oleh: Rudi S Kamri, Pengamat Sosial dan Politik.

 

Pada saat Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019, nama yang saya tunggu-tunggu adalah Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

Namun, sampai akhir Presiden Jokowi menyebut satu per satu nama, Budi Gunawan tidak kunjung disebut.

Sebelumnya santer terdengar BG, sapaan karib Budi Gunawan, akan menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) atau Menteri Dalam Negeri.

Akan tetapi, prediksi semua pengamat ternyata meleset. Jabatan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) yang disandang BG mulai 9 September 2016 selayaknya perlu penyegaran.

Setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, peranan BG telihat cukup menonjol. Berkat keuletan BG, pertemuan Jokowi-Prabowo Subianto di Stasiun MRT Jakarta sukses meredam situasi politik dalam negeri yang sempat memanas usai Pilpres 2019.

Masyarakat luas serta-merta memberikan poin positif buat BG waktu itu. Jadi, tidak aneh beberapa kalangan memprediksi BG akan mendapat tempat strategis di Kabinet Indonesia Maju.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...