Buka WAN-IFRA, Boediono Ingatkan Tanggung Jawab Media

Buka WAN-IFRA, Boediono Ingatkan Tanggung Jawab Media
Buka WAN-IFRA, Boediono Ingatkan Tanggung Jawab Media
NUSA DUA - Wakil Presiden Boediono mengingatkan pentingnya tanggung jawab media kepada masyarakat. Pernyataan Boediono itu disampaikannya saat membuka World Association of Newspapers and News Publishers (WAN-IFRA) di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (11/4).

Berpidato dalam Bahasa Inggris, Boediono menyebut beberapa tanggung jawab media dari sisi sosial, ekonomi maupun politik. Dari sisi sosial, tanggung jawab media adalah mencerdaskan dan memberi pendidikan ke publik. "Media memiliki kewajiban mendidik dan mencerahkan publik karena itu menjadi tangung jawab sosial media massa," ucapnya.

Sementara dari sisi politik, kata Boediono, tanggung jawab media adalah membawa proses demokrasi dan mengawalnya. Termasuk di Indonesia, katanya, media berperan besar dalam mengantar demokratisasi.

Boediono menyitir ungkapan pendiri Amerika Serikat, Thomas Jefferson, yang menganggap media tak kalah penting dibanding pemerintah.  Hal itu untuk menggambarkan pentingnya media bagi demokrasi.

NUSA DUA - Wakil Presiden Boediono mengingatkan pentingnya tanggung jawab media kepada masyarakat. Pernyataan Boediono itu disampaikannya saat membuka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News