Bukan Kompetisi, Dua Sepatu Lokal Ini Malah Kolaborasi

Bukan Kompetisi, Dua Sepatu Lokal Ini Malah Kolaborasi
Sage Footwear x 1999. Foto: Dok. Sage Footwear

jpnn.com, JAKARTA - Dua merek sepatu lokal 'Sage Footwear' dan '1999' melakukan sebuah gebrakan di industri sepatu dalam negeri.

Bukan berkompetisi, Sage Footwear yang merupakan brand sepatu lokal ramah lingkungan dan 1999, brand sepatu kreasi musikus Dochi Sadega itu malah menjalin sebuah kolaborasi.

Kolaborasi Sage Footwear x 1999 yang bertujuan saling mendukung dan memberikan pengaruh positif untuk lingkungan itu menghasilkan koleksi sepatu yang dinamai 'SA999E'.

"Untuk pertama kalinya kami berkolaborasi dengan sesama merek sepatu lokal di Indonesia. Kami ingin menunjukkan bahwa dua merek yang biasanya bersaing dalam industri juga dapat saling bahu membahu untuk langkah lebih baik yaitu berjuang bersama di masa sulit ini," kata Hamzah Dwi Putra, selaku salah satu pendiri Sage Footwear, Jumat (4/12).

Pengenalan sepatu kolaborasi ini dimulai dengan menggunakan eksperimen media sosial beberapa waktu lalu.

Lewat akun Twitter dan Instagram, Dochi Sadega mengunggah foto kontroversial memperlihatkan sepatu Sage Footwear yang diduga meniru desain 1999.

Twit personel band Pee Wee Gaskins itu ternyata menarik perhatian, bahkan hujatan netizen yang menuding Sage tidak kreatif karena menjiplak bentuk 1999 milik Dochi Sadega.

"Ini membuktikan bahwa masyarakat masih terlalu cepat menghakimi karya yang belum ada konteksnya. Dengan kolaborasi ini, kami ingin menerobos stigma tersebut agar kedepannya lebih banyak merek-merek lokal yang bekerja sama saling membantu dan menciptakan karya tanpa batasan," beber Dochi Sadega, pendiri dari 1999.

Sempat dihujat, dua merek sepatu lokal yang tengah digandrungi, Sage Footwear dan 1999 menjalin sebuah kolaborasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News