Bulog Samarinda Salurkan 736 Ton Beras Untuk Mencegah Inflasi

Bulog Samarinda Salurkan 736 Ton Beras Untuk Mencegah Inflasi
Kepala Perum Bulog Samarinda Maradona Singal (Antara/ M Ghofar)

jpnn.com, SAMARINDA - Bulog Samarinda menyalurkan bantuan pangan sebanyak 736,93 ton beras yang diterima untuk keluarga penerima manfaat (KPM).

Kegiatan itu dilakukan sebagai upaya mencegah laju inflasi di wilayah Samarinda, Kalimantan Timur.

"Rencana penyaluran beras dimulai pekan depan dan target selesai 31 Januari. Kami optimistis dapat selesai sesuai target karena data penerima atau KPM sudah ada di tiap kabupaten/kota," kata Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Samarinda Maradona Singal dikutip dari Antara, Kamis (18/1).

Terdapat enam kabupaten/kota yang menjadi sasaran penyaluran beras sebanyak itu, yakni Kota Samarinda dan Balikpapan, kemudian Kabupaten Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Kabupaten Mahakam Ulu dengan masing-masing KPM menerima sebanyak 10 kilogram.

Rinciannya adalah di Samarinda siap disalurkan sebanyak 259,61 ton beras untuk 25.961 KPM, di Kota Bontang terdapat 5.086 KPM dengan penyaluran beras sebanyak 50,86 ton, Kabupaten Kutai Kartanegara terdapat 20.894 KPM yang segera menerima 208,94 ton.

Kemudian Kabupaten Kutai Timur sebanyak 14.350 KPM yang siap menerima sebesar 143,5 ton, Kabupaten Kutai Barat ada 6.143 KPM yang akan menerima 61,43 ton, dan Kabupaten Mahakam Ulu terdapat 1.256 KPM yang siap menerima 12,56 ton.

Penyaluran beras bantuan pangan ini masuk dalam Program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP), tujuannya antara lain untuk meningkatkan penyediaan pangan guna menjamin stabilitas pasokan pangan antarwaktu dan antardaerah, termasuk untuk mengantisipasi kerawanan pangan.

Penerima Program CPP ini memiliki syarat tertentu, yakni keluarga dengan kriteria rawan pangan, keluarga miskin, keluarga yang memiliki anak stunting atau keluarga yang berpotensi memiliki anak stunting maupun gizi buruk, sehingga mereka berhak menerima bantuan 10 kg per KPM per bulan.

Bulog Samarinda berusaha mencegah inflasi dengan memberikan bantuan pangan berupa beras sebanyak 736 ton.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News