Bulog Siap Impor Beras Lagi

Bulog Siap Impor Beras Lagi
Bulog Siap Impor Beras Lagi
JAKARTA - Ketersediaan beras di pasaran diprediksi bakal menipis hingga menjelang panen pada akhir kuartal pertama tahun depan. Dampaknya, harga beras bakal mengalami kenaikan selama beberapa bulan ke depan. Untuk mengantisipasi tingginya kenaikan harga, Bulog berancang-ancang untuk menambah impor serta menyiapkan operasi pasar.

Deputi Bidang Pertanian dan Kelautan Kementerian Koordinator Perekonomian Diah Maulida mengatakan, jika dilihat per provinsi, harga beras memang sudah menunjukkan adanya kenaikan. Hasil perbandingan seminggu lalu maupun tiga bulan terakhir, rata-rata nasional harga beras naik tidak lebih satu persen. Namun, data pasar juga menunjukkan adanya peluang harga melonjak di beberapa daerah tertentu. ”Kenaikan tertinggi terjadi di Palembang sebesar 12-13 persen. Sedangkan di Riau harga beras di kisaran Rp 8.500 dengan kenaikan lima persen,’’ katanya.

Mengenai rencana impor, Diah mengatakan bahwa prosesnya akan fleksibel sesuai tingkat kebutuhan. ”Program pengadaan beras luar negeri dengan Vietnam dan Thailand melalui government to government tetap berpatokan pada harga dan mutu yang baik,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Bulog Soetarto Ali Moeso mengatakan bahwa stok beras sampai hari ini mencapai 890 ribu ton dengan total teken kontrak 1,88 juta ton. Saat ini juga sudah  ada 158 ribu ton beras impor yang masuk ke Indonesia. Sebanyak 75 ribu ton sudah masuk gudang yang tersebar di luar Jawa dan Jawa, seperti di Banten dan Jakarta. Sementara sisanya masih berada di sekitar pelabuhan.

JAKARTA - Ketersediaan beras di pasaran diprediksi bakal menipis hingga menjelang panen pada akhir kuartal pertama tahun depan. Dampaknya, harga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News