BUMN Bukan Sumber Pendapatan

Dahlan Minta Jadi Pendorong Ekonomi

BUMN Bukan Sumber Pendapatan
BUMN Bukan Sumber Pendapatan
JAKARTA - Paradigma pengembangan badan usaha milik negara (BUMN) akan segera diubah. Kini, perusahaan pelat merah itu diarahkan sebagai pendorong ekonomi. Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, perubahan paradigma tersebut akan berpengaruh pada keputusan pemerintah dalam penetapan besaran dividen.

"BUMN ini seharusnya lebih dioptimalkan sebagai pendorong perekonomian nasional, bukan sumber pendapatan negara," ujarnya kemarin (6/1).

Pernyataan Dahlan tersebut disampaikan menanggapi pertanyaan soal realisasi setoran dividen 2011 yang di bawah target. Data Kementerian Keuangan menunjukkan, dari target setoran Rp 28,8 triliun, realisasinya hanya Rp 28,2 triliun.

Menurut Dahlan, dalam postur anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), setoran dividen memang menjadi salah satu sumber pendapatan. Namun, lanjut dia, porsi Rp 28 triliun itu tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan APBN yang Rp 1.000 triliun. "Sekali lagi, memang lebih baik peran BUMN ini dioptimalkan sebagai pendorong ekonomi saja," katanya.

JAKARTA - Paradigma pengembangan badan usaha milik negara (BUMN) akan segera diubah. Kini, perusahaan pelat merah itu diarahkan sebagai pendorong

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News