Bunda, Ini 4 Tips Agar Anak Terhindar dari Gagal Ginjal Akut

Bunda, Ini 4 Tips Agar Anak Terhindar dari Gagal Ginjal Akut
111 anak terkena gagal ginjal akut misterius. Foto: Antara

jpnn.com, PALEMBANG - Kasus gagal ginjal akut pada anak atau dikenal dengan Acute Kidney Injury (AKI) di Palembang saat ini terus bertambah.

Penambahan kasus gagal ginjal akut itu tentu membuat sejumlah orang tua khawatir anaknya mengalami kondisi tersebut.

Dokter Spesialis Anak bagian Nefrologi Rumah Sakit Umum Pusat Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang Eka Intan mengatakan, ada beberapa tips agar anak terhindar dari gagal ginjal akut anak.

Langkah pertama agar anak tidak menderita gagal ginjal akut adalah memerhatikan perkembangan dan pola makan keseharian mereka.

"Anak sebaiknya tidak mengonsumsi dan menghindari zat pengawet pada makanan serta tidak minum-minuman kaleng yang mengandung bahan pemanis buatan," kata Intan, Kamis (27/10).

Menurut Intan, apabila anak mengonsumsi zat pengawet secara terus-menerus, maka memengaruhi sistem kerja ginjal dan menghambat proses penyaringan makanan dalam ginjal, hingga memicu kadar urine dalam tubuh tidak terkontrol dan membuat urine tidak bisa keluar.

"Kita harus pastikan anak tidak makan sembarangan di luar, apalagi mengkonsumsi zat pengawet. Itulah mengapa, anak perlu mengkonsumsi makanan yang bergizi," ujar Intan.

Selain menjaga pola makan anak, anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia Sumatra Selatan (IDAI Sumsel) itu juga menyarankan orang tua untuk menjaga kondisi fisik dan mental anak.

Berikut empat tips penting agar anak terhindar dari gagal ginjal akut pada anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News