Bunga Pinjaman Harusnya 14 %

Bunga Pinjaman Harusnya 14 %
Bunga Pinjaman Harusnya 14 %
JAKARTA - Pelaku usaha menyambut positif keputusan Bank Indonesia yang menurunkan BI rate dari 9,25 persen menjadi 8,75 persen. Meski belum sesuai harapan, namun hal itu diharapkan bisa memicu penurunan suku bunga pinjaman bank (lending rates).

“Penurunan BI Rate diharapkan bisa segera diikuti penurunan suku bunga pinjaman dari bank,” ujar Ketua Umum Kamar dagngan dan Industri (Kadin) Indonesia, Mohammad S Hidayat menanggapi kebijakan BI kemarin. Menurut dia, dengan diturunkannya suku bunga acuan tersebut, maka diharapkan perbankan nasional juga mengikuti dengan menurunkan suku bunga pinjamannya dari sekitar 18 persen menjadi 14-15 persen.

Sebab menurut dia, percuma BI Rate turun jika perbankan tidak menurunkan suku bunga pinjamannya. Yang seringkali terjadi, perbankan menunggu beberapa lama untuk melakukan hal itu. Padahal pengusaha sudah sangat berharap proyeksi usaha dapat dilakukan sejak awal tahun, mengingat kondisi pasar diperkirakan tidak terlalu baik pada semester pertama tahun 2009. “Suku bunga yang lebih rendah diharapkan bisa menjadi stimulus ekonomi,” tegasnya.

Hidayat juga menuturkan, penurunan BI Rate menjadi 8,75 persen sebenarnya belum sebesar yang diminta kalangan usaha, yaitu 8,5 persen. Padahal Kadin menilai saat ini adalah waktu yang tepat bagi BI untuk memangkas BI Rate hingga 8,5 persen dengan mempertimbangkan aspek dunia usaha dan daya beli masyarakat. “Dari dulu kita mintanya gak pernah di penuhi 100 persen, dari seluruh rekomendasi paling 80 persen,” ketusnya.

JAKARTA - Pelaku usaha menyambut positif keputusan Bank Indonesia yang menurunkan BI rate dari 9,25 persen menjadi 8,75 persen. Meski belum sesuai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News