Hari Pendidikan Nasional

Bupati Anas: Pelajar Harus Lebih Selektif Berselancar di Internet

Bupati Anas: Pelajar Harus Lebih Selektif Berselancar di Internet
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di tengah kegiatan anak-anak SD. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menitip pesan kepada para pelajar, agar bijak menggunakan layanan teknologi informasi berbasis internet, terutama lebih selektif dalam memilih dan menyebar informasi.

"Saat ini, hampir semua pelajar bisa mengakses informasi melalui internet. Ada jutaan informasi di dalamnya yang bisa diakses, dan tidak semuanya baik, tidak semuanya benar, sehingga harus lebih selektif," kata Bupati Anas saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Taman Blambangan Banyuwangi, Selasa (2/5).

Anas mengatakan, jutaan informasi tersebut harus disaring oleh para pelajar guna mencari informasi prioritas. "Para pelajar harus bisa menyaring mana informasi yang harus dibaca, mana yang perlu di-share untuk menyebar inspirasi dan mana informasi yang tidak perlu disebarkan karena tidak benar," tuturnya.

Bupati berusia 43 tahun itu mengaku ngeri melihat seliweran informasi yang belum bisa dijamin kebenarannya di internet, terutama di media sosial. Banyak di antara informasi itu bernada provokatif, dan cukup banyak kaum muda yang terlibat dalam dinamika tersebut.

"Banyak sekali ujaran kebencian. Dan kita tidak tahu mana yang benar. Hoaks di mana-mana. Berita-berita di media diedit, di-crop lalu diganti judulnya. Elite-elite yang berbeda pilihan politik, dan itu wajar dan biasa, tapi anak-anak muda, please jangan sampai terseret ke yang negatif. Belajar politiknya tidak apa-apa, tapi jangan ikut-ikutan saling menghajar dan caci-makinya," papar Anas.

Pak Bupati khawatir perang hoaks itu pada akhirnya membawa pelajar malah larut dalam saling perang komentar. Padahal, fungsi utama internet bagi pelajar adalah menunjang pengembangan keilmuan dan keterampilannya.

"Justru yang prioritas seperti mencari ilmu pengetahuan tersingkirkan diganti ribut saling caci di internet. Kita tidak mungkin menghalangi internet, justru kami di Banyuwangi menggenjot penggunaan internet. Tapi internet ini bisa memercikkan perseteruan, dan itu harus dihindari," katanya.

Untuk menyeleksi informasi yang berseliweran, Anas menginstruksikan kepada para guru untuk memberi edukasi ke para pelajar. Pemkab Banyuwangi juga telah menggandeng sejumlah pihak, seperti operator telekomunikasi, untuk mengedukasi tentang pemanfaatan internet secara baik.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menitip pesan kepada para pelajar, agar bijak menggunakan layanan teknologi informasi berbasis internet, terutama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News