Bupati Magelang Sambut Baik Resonansi Generasi Milenial

Bupati Magelang Sambut Baik Resonansi Generasi Milenial
Direktur Program YESS yang juga Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti saat audiensi dengan Bupati Magelang. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, MAGELANG - Kementerian Pertanian (Kementan) berupaya untuk melaksanakan pembangunan sektor pertanian di seluruh penjuru Indonesia.

Fokus mewujudkan hal tersebut, Kementan berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia pertanian melalui regenerasi petani.

Youth Entrepreneurship and Employment Support Services atau lebih dikenal dengan YESS merupakan salah satu program andalan Kementan dalam hal regenerasi petani.

Bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD), Kementan berupaya melibatkan pemuda di 15 Kabupaten yang tersebar di empat provinsi yang berbeda lokasi YESS, yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyampaikan hingga saat ini proses penumbuhan petani milenial itu terus dilakukan.

"Targetnya hingga 2024 mendatang, Kementan mampu mencetak 2,5 juta petani milenial. Untuk itu, Kementan berupaya mengubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan, terlebih di tengah pandemi saat ini. Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran,” kata Dedi dalam keterangannya.

Untuk memperluas wilayah serta mempercepat pencapaian target mencetak 2,5 juta pengusaha pertanian milenial di tahun 2024, program YESS berencana melakukan perluasan wilayah, salah satunya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Direktur Program YESS yang juga Kepala Pusat Pendidikan Pertanian Idha Widi Arsanti saat audiensi dengan Bupati Magelang, Minggu (29/5) menjelaskan bahwa Keberlanjutan sektor pertanian harus didukung penuh oleh pemerintah dari pusat hingga daerah dan keterlibatan penuh petani milenial.

Untuk mempercepat pencapaian target mencetak 2,5 juta pengusaha pertanian milenial, program YESS melakukan perluasan wilayah ke Kabupaten Magelang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News