Bupati Paniai Wajibkan Pasien Puskesmas Tes HIV

Bupati Paniai Wajibkan Pasien Puskesmas Tes HIV
Bupati Paniai Wajibkan Pasien Puskesmas Tes HIV

jpnn.com - PANIAI - Penyebaran virus HIV di Papua terus bertambah. Di Paniai misalnya, dalam sepuluh tahun terakhir, sudah terjadi 638 kasus HIV.

Di antara jumlah itu, 105 kasus terjadi pada 2012. Sebanyak 70 orang di antaranya sudah positif AIDS.  ''Saat ini enam orang meninggal karena AIDS,'' ujar Direktur RSUD Paniai dr Agus kepada wartawan di Enarotali, Paniai, Jumat (2/8).

Agus menambahkan, di antara 105 kasus HIV yang ditemukan RSUD Paniai, sebanyak 75 orang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan antiretroviral ARV. Namun, pemberian ARV baru bisa dilaksanakan bagi 35 orang penderita.

Karena itulah, lanjut Agus, RSUD Paniai dan Bupati Paniai Hengky Kayame melakukan tes HIV masal sejak 1 Agustus. Tes pertama dilakukan di Karel Gobay Enarotali, Paniai. "Setiap pasien atau setiap orang yang berobat di unit layanan baik itu di puskesmas maupun rumah sakit akan diperiksa juga HIV-nya," paparnya.

Dengan program tersebut, jelas Agus, diharapkan Paniai menjadi zero discrimination dan zero new infection. Yakni, tidak ada lagi orang Mee yang diasingkan atau dikucilkan gara-gara HIV. Kemudian, juga tidak ada lagi orang Mee yang terinfeksi HIV dan meninggal karena HIV. "Ini merupakan kebijakan pertama di Indonesia," tandasnya. (bat/nan/jpnn)


PANIAI - Penyebaran virus HIV di Papua terus bertambah. Di Paniai misalnya, dalam sepuluh tahun terakhir, sudah terjadi 638 kasus HIV. Di antara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News