Bupati Sumedang Minta Jajarannya Gerak Cepat Cegah Potensi Bencana Dampak La Nina

Bupati Sumedang Minta Jajarannya Gerak Cepat Cegah Potensi Bencana Dampak La Nina
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kiri) saat memimpin rapat koordinasi Forkopimda dalam rangka antisipasi penanganan musim hujan di wilayah Kabupaten Sumedang, Selasa (23/11). Foto: Humas Pemkab Sumedang

jpnn.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta semua pihak mengantisipasi potensi bencana akibat gelombang La Nina.

Sejumlah arahan disampaikan Bupati Dony saat memimpin rapat koordinasi Forkopimda dalam rangka antisipasi penanganan musim hujan di wilayah Kabupaten Sumedang, Selasa (23/11).

Pertama, dia meminta semua pemangku kepentingan dan masyarakat mengantisipasi dan melakukan pencegahan dini di sejumlah desa dan kecamatan yang berpotensi rawan bencana.

Contohnya terkait mengantisipasi banjir akibat pendangkalan sungai.

"Dinas PUPR bisa berkoordinasi dengan pihak-pihak lainnya untuk melakukan pengerukan sungai atau pembersihan gorong-gorong," sebut Bupati Dony.

Selanjutnya, mantan Anggota DPR itu juga meminta agar disiapkan hotline siaga bencana dan sosialiasi secara masif ke masyarakat soal dampak fenomena La Nina.

Salah satunya arahan kepada BPBD agar menyampaikan informasi perkiraan di media sosial secara harian, sehingga masyarakat siap untuk mengantisipasinya.

Selain itu, dia juga meminta instansi terkait untuk menginventarisir potensi pohon tumbang.

Bupati Sumedang meminta semua pemangku kepentingan dan masyarakat mengantisipasi potensi bencana dampak fenomena La Nina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News