Bursa Mulai Perkasa

Saham Sektor Pertambangan Dongkrak Indeks

Bursa Mulai Perkasa
Bursa Mulai Perkasa
JAKARTA - Tren pemulihan mulai tampak dalam transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (20/10). Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat 27,5 poin atau 1,97 persen menuju level 1.426,94. Indeks LQ45 mendaki 7,39 poin di level 269,4. Terdapat 85 saham menguat, 86 saham harganya melemah, dan 32 saham lainnya tidak berubah.

Sektor pertambangan menjadi katalis bagi pergerakan indeks. Disusul sektor konsumer, finansial, dan infrastruktur. Sementara sektor pertanian, aneka industri, dan perdagangan melemah.

Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) melambung menjadi top gainer, dengan kenaikan mencapai 9,67 persen menjadi Rp 6.800. Saham-saham berbasis komoditas yang kemarin menanjak adalah PT Batubara Bukit Asam (PTBA) yang naik 9,9 persen, PT Timah (TINS) naik sebesar 9,5 persen, dan London Sumatra Plantation (LSIP) 8,23 persen. Sedangkan saham-saham yang terpuruk, antara lain, PT United Tractors (UNTR), PT Bank Danamon Tbk (BDMN), dan PT Astra International Tbk (ASII).

Terkatrolnya harga saham berbasis pertambangan dan komoditas seiring kembali mendakinya harga minyak mentah dunia ke level USD 73,6 per barel. Organisasi Negara-Negara Eksporter Minyak (OPEC) diprediksi akan sepakat untuk memangkas produksinya dalam pertemuan mereka yang dihelat pekan ini.

JAKARTA - Tren pemulihan mulai tampak dalam transaksi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (20/10). Indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News