Buruan, Pendaftaran SBM PTN Ditutup Hari Ini Lho

Buruan, Pendaftaran SBM PTN Ditutup Hari Ini Lho
SBM PTN. Foto: dok.JPNN

SURABAYA – Panitia Lokal (Panlok) 50 Surabaya mengimbau kepada calon peserta seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) yang belum mendaftar agar mengoptimalkan waktu tersisa. Pasalnya, pendaftaran SBM PTN akan ditutup pukul 22.00 hari ini (20/5).

Ketua Panlok 50 Surabaya Yuni Sri Rahayu mengatakan, calon peserta yang berminat di jalur SBM PTN sebaiknya segera mendaftar. Termasuk mereka yang sudah mendaftar, tapi belum melakukan finalisasi hingga tahap pencetakan kartu. Sebab, pihaknya belum menerima informasi tentang perpanjangan waktu pendaftaran.

"Belum ada perpanjangan. Kalaupun ada, itu biasanya berlaku bagi yang belum finalisasi saja," ujar Yuni.

Hingga pukul 11.00 kemarin (19/5), jumlah pendaftar SBM PTN di Panlok 50 Surabaya mencapai 45.953 orang. Di antara jumlah itu, yang telah melakukan finalisasi hingga mencetak kartu sebanyak 45.843 orang. Meski jumlah itu belum melampaui pendaftar tahun lalu yang mencapai 48 ribu pendaftar, Yuni yakin pendaftar SBM PTN tahun ini bisa menembus 48 ribu orang. "Karena dalam tiga hari terakhir, jumlah pendaftar yang masuk per hari 4-5 ribu orang," katanya.

Terkait dengan pendaftar yang masuk di tiap perguruan tinggi negeri (PTN), perempuan yang juga pembantu rektor 1 Unesa itu menyebutkan, tingkat keketatannya beragam.

Di Unesa, misalnya, jumlah yang masuk hingga kemarin mencapai 35.457 pendaftar, sedangkan kuota yang tersedia hanya 1.547 kursi. Dengan begitu, tingkat persaingannya 1:23.

"Dari jumlah pendaftar itu, yang akan masuk Unesa hanya 4,37 persen," tuturnya. Persentase peserta yang lolos tersebut akan menurun jika jumlah pendaftar semakin banyak.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 UPN Veteran Jatim Ramdan Hidayat mengatakan, hingga pukul 15.20 kemarin, ada 18.730 pendaftar yang memilih UPN. Jumlah itu meliputi pendaftar yang menjadikan UPN sebagai pilihan 1, 2, dan 3. Ramdan menyebutkan, daya tampung di SBM PTN hanya 799 kursi. Dengan demikian, tingkat persaingannya 1:23.

Tingkat persaingan paling tinggi, lanjut dia, ada di jurusan manajemen yang kuotanya hanya 93 kursi. Pendaftarnya mencapai 1.967 peserta. Dengan demikian, tingkat persaingannya 1:21. Disusul jurusan komunikasi yang daya tampungnya hanya 54 kursi dengan jumlah pendaftar 1.694 orang. Di jurusan akuntansi, ting­kat persaingan juga cukup tinggi. Yakni, pendaftarnya 1.620 orang dengan daya tampung 94 kursi. "Ilmu hukum dan ekonomi pembangunan juga tinggi persaingannya," terangnya.

Total daya tampung di UPN Ve­teran Jatim mencapai 2.652 kursi. Jumlah itu terdiri atas SNM PTN 1.064 kursi, SBM PTN 799 kursi, dan jalur mandiri 799 kursi. Di jalur SBM PTN, Ramdan optimistis jumlah pendaftar yang mencapai 18.730 itu bisa menembus 20 ribu orang. "Karena biasanya hari-hari terakhir, pesertanya melonjak," ujar Ramdan.

Dia mengimbau calon pendaftar agar membuka laman SBM PTN. Di laman tersebut, ada kuota masing-masing prodi di UPN Veteran Jatim maupun PTN lain. (puj/ara/c7/fai/flo/jpnn)

 

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News