Burung Kepa Arrizabalaga pun Pernah Juara

Burung Kepa Arrizabalaga pun Pernah Juara
Kepa Arrizabalaga. Foto: diario as

jpnn.com, MADRID - Sejumlah media di Inggris sudah yakin banget Kepa Arrizabalaga bakal dibeli Chelsea dari Athletic Bilbao. Dia akan berstatus sebagai kiper termahal di dunia. Siapa Kepa?

The Telegraph menulis Kepa sebagai kiper baru Chelsea yang berhasil 'lolos dari Zinedine Zidane'.

Marca, media di Spanyol yang terkenal pro-Real Madrid, sempat menilai Zidane membuat kesalahan saat menolak kemungkinan bos Madrid mendatangkan Kepa, di bursa transfer Januari lalu.

Saat itu, dengan biaya 'hanya' GBP 18 juta (sekitar Rp 334 miliar), Athletic, Madrid dan Kepa sendiri sudah nyaris sepakat. Bahkan, pemain berusia 23 tahun itu sudah lulus tes medis bersama Madrid. Namun, Zidane memakai hak veto sebagai pelatih Madrid saat itu, menolak Kepa.

"Kepa sangat berbakat. Namun saya tidak ingin seorang kiper di tengah musim. Saya tidak akan menyesal tidak menandatanganinya," ujar Zidane ketika itu.

Tujuh bulan berlalu. Nilai Kepa bertambah sekitar empat kali lipat. Dari sekitar Rp 334 miliar menjadi GBP 71 juta atau setara Rp 1,3 triliun, lebih mahal dari harga kiper termahal di dunia saat ini, Alisson Becker (Rp 1,2 triliun dari AS Roma ke Liverpool).

Kenaikan harga adalah karena usai gagal pindah ke Madrid, Athletic dan Kepa sepakat memperpanjang kontrak si pemain hingga 2025. Namun, itu juga merupakan cerminan dari kemampuan Kepa. Muda, menjanjikan buat sepak bola Spanyol.

Lahir di Ondarroa, kota tepi pantai Basque, bakat Kepa sudah terlihat sejak kecil. Keterampilannya sebagai pemain sepak bola sama dengan gairah masa kecilnya yang lain; burung.

Kepa Arrizabalaga dilaporkan berada dalam daftar penerbangan ke London, Rabu (8/8) malam WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News