Butuh 7 Menit untuk Pemberian Vaksin Covid-19

Butuh 7 Menit untuk Pemberian Vaksin Covid-19
Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat (kiri) saat mengikuti simulasi vaksinasi COVID-19. Foto: ANTARA/Ho Humas Pemkab Indramayu

jpnn.com, INDRAMAYU - Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kabupaten Indramayu Deden Bonni Koswara mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 setiap orang membutuhkan waktu tujuh menit dan ini diketahui setelah digelar simulasi.

Deden mengatakan pada Jumat (8/1) pihaknya menggelar simulasi pemberian vaksin kepada masyarakat di Puskesmas Margadadi.

"Kami perkirakan satu orang membutuhkan waktu sekitar tujuh menit untuk vaksinasi. Rentang waktu ini menjadi bahan pertimbangan kami," kata Deden, Jumat.

Simulasi tersebut lanjut Deden, dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana persiapan fasilitas kesehatan dalam melaksanakan vaksinasi tersebut.

Dalam simulasi tersebut diperagakan, berbagai tahapan mulai dari pendaftaran, skrining pasien, penyuntikan, hingga observasi selama 30 menit setelah dilakukan vaksinasi.

"Simulasi ini untuk mengetahui tahapan yang harus dilalui oleh warga saat vaksinasi," katanya.

Deden menambahkan, saat ini sebagai kesiapan fasilitas kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi terdiri dari 49 Puskesmas dan 10 Rumah Sakit serta sudah diverifikasi melalui aplikasi P-Care di BPJS.

Saat ini pihaknya sedang menunggu droping vaksin dari provinsi yang diperkirakan datang dalam pekan sebanyak 4.584 dosis.

Dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 setiap orang membutuhkan waktu tujuh menit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News