Butuh Empat Jam untuk Tempuh Tol Gringsing hingga Berxit

Butuh Empat Jam untuk Tempuh Tol Gringsing hingga Berxit
Tol fungsional Gringsing-Brexit yang padat oleh kendaraan pemudik yang dalam arus balik, Sabtu (1/7). Foto: Mesya Mohammad/JPNN.Com

jpnn.com, BREBES - Kondisi tol fungsional dari Gringsing di Kabupaten Batang hingga gerbang Brebes Timur atau Brexit sudah sangat padat oleh kendaraan pemudik yang sedang dalam arus balik. Tol darurat yang membentang di Kabupaten Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal dan Brebes itu hanya bisa dilalui dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Setidaknya butuh waktu hingga empat jam untuk melintasi tol fungsional Gringsing-Brexit. Sebab, sangat berbahaya bila pengendara nekat melaju dengan kecepatan di atas 60 kilometer per jam.

Untuk ruas Kaligangsa-Brexit juga macet. Padahal aparat kepolisian sudah membuat rekayasa lalu lintas menuju Jakarta dengan memecah arus balik. Yakni sebagian diarahkan melalui jalur pantai utara (Pantura) di Kabupaten Batang.

A‎da ratusan kendaraan yang melewati tol fungsional Kaligangsa-Brexit. Kondisi ini membuat kondisi jalan yang berdebu makin parah.

Beberapa petugas tampak mengatur ‎arus lalin. Makin banyak petugas penyiram air karena suhu udara di luar mobil sangat panas.

Yang menarik, beberapa pengemudi ‎malah minta mobilnya disiram agar adem. "Mas, mas, tolong sirami mas," ujar pengendara mobil berpelat nomor A.

Ada pula beberapa pengemudi yang memberikan isyarat lewat klakson agar mobilnya disiram. Suasana di luar memang panas dan berdebu.

Sedangkan bagi pengemudi yang kendaraannya tiba-tiba mengalami kempes ban akibat jalur yang berkerikil, sebaiknya tidak usah khawatir. Sebab, ada tukang tambal ban darurat yang beroperasi di tol fungsional.

Kondisi tol fungsional dari Gringsing di Kabupaten Batang hingga gerbang Brebes Timur atau Brexit sudah sangat padat oleh kendaraan pemudik yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News