Butuh Rp 2 Miliar untuk Finishing Renovasi Alun - Alun

Butuh Rp 2 Miliar untuk Finishing Renovasi Alun - Alun
Proses renovasi Alun-Alun Gresik. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, GRESIK - Pembangunan Islamic Center di alun-alun mendapat sorotan tajam. Penyebabnya, Pemkab menargetkan, proyek tersebut selesai dalam dua tahun anggaran, yaitu 2017 dan 2018. Namun, hingga kini progresnya belum sampai 70 persen. Rencananya, proyek senilai miliaran rupiah itu diselesaikan pada 2019.

Tahun lalu pemkab telah menggelontorkan dana Rp 9 miliar. Pada 2018 telah dianggarkan Rp 7 miliar untuk melanjutkan pembangunan Islamic Center. Dana tersebut ternyata belum cukup. 

Di draf kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS), tercantum tambahan anggaran revitalisasi alun-alun untuk tahun depan. Nilainya mencapai Rp 2 miliar. "Itu untuk apa saja, kita belum tahu," ujar Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gresik M Syafi' A.M. Sabtu (13/10).

Yang jelas, kata Syafi', pemkab sudah tidak menjaga komitmennya. Sebab, revitalisasi alun-alun ditargetkan selesai dalam dua tahun anggaran. Ternyata, masih ada yang perlu dibenahi lagi. "Nanti jadinya tiga tahun anggaran," tuturnya.

Legislator PKB itu mengatakan, penambahan Rp 2 miliar menjadi bahasan yang cukup panas dalam rapat KUA-PPAS pada Kamis (11/10). Pihak eksekutif tidak bisa menjabarkan peruntukannya. Dinas pekerjaan umum dan tata ruang (DPUTR) tidak hadir.

Karena itu, DPRD akan kembali memanggil DPUTR besok (15/10). Alasan penambahan anggaran harus realistis dan terukur. "Nanti kita lihat jawabannya," ucapnya.

Kepala DPUTR Gunawan Setiadji menyebutkan, tambahan dana Rp 2 miliar digunakan untuk memperindah bagian sudut bangunan. Khususnya jogging track. 

Gunawan memastikan, proyek tersebut selesai pada 2019. Artinya, proyek revitalisasi alun-alun menjadi Islamic Center itu dikerjakan dalam tiga tahap. Tidak jadi dua tahap seperti target awal. "Memang ada yang kurang. Tapi, tinggal finishing," tandasnya. (adi/c7/dio) 

tambahan dana Rp 2 miliar digunakan untuk memperindah bagian sudut bangunan. Khususnya jogging track


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News