BWA Distribusikan Puluhan Ribu Al-Qur'an di Pelosok Jawa Barat

BWA Distribusikan Puluhan Ribu Al-Qur'an di Pelosok Jawa Barat
BWA mendistribusikan puluhan ribu Al-Qur[an, iqro', dan santunan anak yatim di Pelosok Jawa Barat. Foto: dok. BWA

jpnn.com, GARUT - Memasuki Rabiul Awal 1443 H, yaitu bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW, BWA telah mendistribusikan 20 ribu Al-Qur'an, 960 iqro, dan santunan kepada 36 anak yatim di pelosok Kabupaten maaupun Kota Jawa Barat.

Daerah cakupan distribusi kali ini meliputi Garut, Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Pangandaran, Sukabumi, Purwakarta, Bandung Barat, Karawang, Cirebon, dan Kuningan.

Jumlah tersebut merupakan distribusi tahap pertama dari total target sebanyak 114 ribu Al-Qur'an. Angka tersebut masih sangat kurang, mengingat muslim di Jawa Barat berjumlah 46,3jt jiwa.

Jawa barat yang memiliki wilayah yang luas dan memiliki banyak perkebunan, menyebabkan banyak masyarakat yang sulit untuk mendapatkan Al-Qur'an.

Di wilayah Garut, salah satu daerah cakupan distribusi yaitu beberapa desa di Kecamatan Bungbulang. BWA mendistribusikan Al-Quran hingga ke salah satu desa yang sangat pelosok, yaitu Desa Gunung Jampang.

Tim BWA harus menempuh perjalanan juah, sekitar tujuh jam ke wilayah Gunung Jampang dari Garut. Sesampainya di lokasi, tim BWA mendistribusikan Al-Qur'an dan pembagian santunan anak yatim.

"Kami sangat bersyukur dengan datangnya BWA, karena memang belum pernah ada kegiatan seperti ini," kata Abdaloh, tokoh masyarakat Desa Gunung Jampang.

Kebutuhan Al-Qur'an untuk masyarakat Jawa Barat memang tinggi. Tim BWA mengunjungi salah satu masjid di Desa Gunung Jampang hanya memiliki 5 buah Al-Qur'an yang digunakan secara bergantian oleh lebih dari 30 santri untuk mengaji. (jlo/jpnn)

BWA mendistribusikan puluhan ribu Al-Qur[an, iqro', dan santunan anak yatim di Pelosok Jawa Barat.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News