Cabut Imunitas Diplomat Amerika

India Tetap Kesal atas Kasus Khobragade

Cabut Imunitas Diplomat Amerika
Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di New Delhi, India. Foto:REUTERS

jpnn.com - NEW DELHI - Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan India belum kunjung membaik sejak kasus Devyani Khobragade mencuat sekitar dua pekan lalu. Hingga Sabtu (28/12), New Delhi terus mendesak Washington untuk mencabut kasus hukum diplomat perempuan yang dituduh memalsukan dokumen visa tersebut.

Lantaran pemerintahan Presiden Barack Obama ngotot untuk melanjutkan proses hukum terhadap Khobragade yang menjabat wakil konjen di Konsulat Jenderal India di Kota New York, New Delhi pun berang. Belakang­an, mereka mencabut imunitas politik para istri atau suami serta anak-anak diplomat AS yang bertugas di negara mereka.

Pelucutan imunitas itu merupakan salah satu bentuk kekesalan India setelah petugas keamanan AS menelanjangi ibu dua anak tersebut dalam salah satu sesi pemeriksaan di tahanan. Bagi masyarakat India, menelanjangi seorang perempuan terpelajar dari keluarga terpandang seperti Khobragade merupakan pelecehan. Aksi semacam itu, menurut kacamata warga India, hanya bisa terjadi dalam kasus kriminal.

"Para pasangan dan anak-anak diplomat (AS) tidak lagi kebal hukum. Jadi, jika mereka melanggar apa pun, petugas kami berhak menindak atau mena­han mereka," jelas salah seorang pejabat pemerintah di Kota Bangalore.

Peristiwa itu menjadi peringatan bagi istri atau suami serta anak-anak diplomat AS yang selama ini bisa bebas melakukan pelanggaran ringan, khususnya melanggar lalu lintas. Selain melucuti imunitas politik para istri atau suami serta anak-anak diplomat AS, India melakukan serangkaian aksi balas dendam lainnya. Termasuk meneliti ketertiban para diplomat AS dalam membayar pajak. Jika ada pasangan diplomat atau anak-anaknya yang mengemplang pajak, New Delhi tidak segan-segan menindak mereka secara hukum.

Beberapa waktu lalu, India juga membersihkan halaman Kedutaan Besar AS di New Delhi dari barikade pengamanan. Selama ini selain dijaga ketat, Kedutaan Besar AS di ibu kota India itu dilapisi barikade pengaman untuk menghindari serangan langsung ke kantor perwakilan Negeri Paman Sam tersebut. Tetapi, pascainsiden Khobragade, barikade pengaman itu dibersihkan. (BBC/AP/hep/c15/tia)


NEW DELHI - Hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan India belum kunjung membaik sejak kasus Devyani Khobragade mencuat sekitar dua pekan lalu. Hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News