Cak Imin Imbau Rektor Mengambil Alih Masjid di Kampus

Cak Imin Imbau Rektor Mengambil Alih Masjid di Kampus
Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar saat bersilaturahmi dengan para kiai, ulama, dan pengasuh pondok pesantren Se-Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Kamis (31/5). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, KUNINGAN - Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar mengimbau para rektor untuk mengambil alih masjid dan musala di kampus. Imbauan itu untuk menyikapi rilis dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) soal radikalisme di lingkungan kampus.

Hanya dengan cara itu, kata Muhaimin alias Cak Imin, perguruan tinggi dapat menghilangkan virus-virus radikalisme yang menyusup di tubuh mahasiswa dan dosen.

“Sekarang pembinaan saja, terutama di kampus-kampus itu musalanya harus dilakukan dialog oleh rektor,” kata Cak Imin sapaan Muhaimin Iskandar di Kuningan, Jawa Barat, Kamis (31/5).

Sebagai upaya pembinaan, menurut Cak Imin, rektor sebaiknya menggunakan metode tarekat selama enam bulan berturut-turut, untuk menyembuhkan para dosen atau mahasiswa yang terkena virus radikal.

Cara itu dinilai cukup ampuh, karena sudah puluhan tahun dipraktikkan oleh Nahdlatul Ulama (NU) dalam menata batin yang sedang `sakit`.

“Tarekat itu salah satu otonom NU yang bergerak di bidang zikir, wirid, olah jiwa batin. Hanya itu, saya minta semua musholla itu diserahkan kepada tarekat," pintanya.

Sebelumnya, BNPT merilis sejumlah perguruan tinggi negeri yang dicurigai sebagai tempat persemaian bibit radikalisme. Di antaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Diponegoro (Undip).

“PTN dan PTS yang banyak kena itu di fakultas eksakta dan kedokteran," terang Direktur Penanggulangan BNPT Brigjen Pol Hamli.(adv/jpnn)


Menyikapi rilis dari BNPT soal radikalisme di lingkungan kampus, Muhaimin Iskandar mengimbau para rektor mengambil alih masjid dan musala di kampus.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News