Cak Udin: Arah Pembangunan Harus Selaras dengan nilai-nilai Pancasila

Cak Udin: Arah Pembangunan Harus Selaras dengan nilai-nilai Pancasila
Sekjen DPP PKB sekaligus anggota Komisi X DPR RI Hasanuddin Wahid. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKB M Hasanuddin Wahid (Cak Udin) menegaskan pembangunan di RI harus dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila. 

Hal itu disampaikan saat memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Dia menyebutkan hal itu seolah menjadi alarm pengingat bagi bangsa Indonesia tentang semangat kebangkitan bangsa Indonesia.

"Pembangunan baik fisik maupun SDM harus seleras dengan nilai-nilai Pancasila. Itu yang harus kita kuatkan," kata Cak Udin dalam keterangannya, Kamis (1/6).

Menurut Sekjen DPP PKB itu, Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia itu menempatkan nilai-nilai luhur dan religius sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila lahir atas kesepakatan bersama yang menjadi panduan etis bagi seluruh elemen bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan yang kian dinamis," lanjutnya.

Dia menegaskan dari lima sila yang tertuang dalam Pancasila, benang merahnya adalah persatuan bangsa. Semangat ini menjadi kekuatan yang telah dilakukan oleh para leluhur.

Cak Udin juga menjelaskan bangsa Indonesia yang hidup di tengah lingkungan majemuk tidak bisa lepas dari pelajaran multikulturalisme.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PKB M Hasanuddin Wahid (Cak Udin) menegaskan pembangunan di RI harus dijiwai oleh nilai-nilai Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News