Caleg NasDem Perjuangkan Hak-Hak Sesama Disabilitas

Caleg NasDem Perjuangkan Hak-Hak Sesama Disabilitas
Ilustrasi. Penyandang disabilitas. Foto Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah terus berupaya memenuhi hak-hak dasar penyandang disabilitas. Namun, memang perhatian pemerintah masih belum maksimal walaupun sudah berjalan dengan baik.

Untuk mewujudkan maksimalnya hak-hak itu, aktivis penggiat hak-hak warga disabilitas Anggiasari Puji Aryatie memutuskan maju menjadi calon legislatif DPR RI dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Anggia yang juga merupakan penyandang disabilitas menilai DPR perlu terus mengawal kebijakan-kebijakan yang lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

"DPR, misalnya bisa ikut mendorong agar anggaran bagi pemenuhan hak asasi warga disabilitas, lebih besar," ujar Anggia, Jumat (3/1).

Dia mengungkapkan salah satu permasalahan yang memprihatinkan ialah tingginya jumlah anak-anak dengan disabilitas yang putus sekolah atau sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan.

Faktor-faktornya antara lain, sulitnya anak disabilitas mengakses sekolah.

Dia mencontohkan, sekolah luar biasa (SLB) masih sangat jarang jumlahnya. Banyak anak yang tak bersekolah, karena letak SLB terlalu jauh.

Selain itu, masih banyak sekolah umum yang menolak anak-anak dengan disabilitas. Alasannya, sekolah tersebut tidak memiliki fasilitas untuk penyandang disabilitas. Padahal kata Anggia, anak dengan disabilitas tak boleh didiskriminasi.

DPR saat ini perlu terus mengawal kebijakan-kebijakan yang lebih ramah terhadap penyandang disabilitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News