Caleg yang Berjuang dengan Bantuan Dukun

Jalani Puasa Mutih, Siapkan Dana Rp2 Miliar

Caleg yang Berjuang dengan Bantuan Dukun
Caleg yang Berjuang dengan Bantuan Dukun

BERBAGAI cara dilakukan untuk bisa terpilih sebagai wakil rakyat. Ada yang blusukan, membagi-bagikan kartu nama serta menjelaskan visi misi. Bahkan ada pula yang mendatangi “orang pintar” alias dukun, supaya bisa lolos dalam pemilihan legislatif (Pileg), 9 April nanti.
------------------
DAYA BHARA AJI - bhara@balikpapanpos.co.id
-----------------
Saat disanggong di kediamannya beberapa waktu lalu, caleg Kota Balikpapan berinisial Sy dari Daerah Pemilihan (Dapil) Selatan ini mengaku, dirinya berupaya maksimal agar bisa duduk sebagai anggota dewan. Tak kepalang tanggung, “amunisi” yang disiapkannya pun tergolong sangat besar.

“Aku udah nyiapin dana Rp2 miliar agar bisa menang,” ucap Sy.

Pria murah senyum ini memang berasal dari keluarga kaya sehingga wajar sampai bisa merogoh kocek Rp2 miliar supaya terpilih sebagai anggota DPRD Balikpapan. Di dalam tim pemenangan, ayah Sy berinisial Br didapuk sebagai bendahara. Keluarga dan kerabat dekatnya masuk pula dalam susunan tim pemenangan.

Sampai tibanya masa kampanye 16 Maret lalu, Sy mengaku baru menghabiskan dana Rp400 juta dari total Rp2 miliar yang telah disiapkannya. Sisa dana untuk pemenangan rencananya akan digelontorkan semuanya untuk kampanye dan blusukan ke masyarakat sampai batas akhir masa kampanye yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yakni 5 April nanti.

“Yang Rp400 juta itu kebanyakan untuk operasional tim pemenangan, bikin dan pasang alat peraga. Juga digunakan waktu saya blusukan guna menyerap aspirasi masyarakat,” urai Sy.

Selain blusukan dari kampung ke kampung bersosialisasi guna merebut hati masyarakat, Sy mengaku mendatangi paranormal yang tinggal di wilayah Balikpapan Selatan. Orang pintar berinisial Ah itu memang sudah dianggapnya sebagai penasehat spiritual.  

“Syarat yang diminta nggak susah kok, aku cuma diwajibkan puasa mutih, tiap hari Senin dan Kamis dengan niat bisa lolos sebagai anggota legislatif dan rutin konsultasi,” aku Sy.

Sumber yang dikutip Balikpapan Pos dari Wikipedia menjelaskan, puasa mutih adalah berpuasa atau berpantang makan dan minum apa saja kecuali nasi putih dan air putih. Biasanya puasa ini dikenal di lingkungan penganut kejawen dan praktisi supranatural dengan tujuan/kepentingan tertentu seperti mendapatkan Ilmu Gaib, keberhasilan hajat dan lain-lain.

BERBAGAI cara dilakukan untuk bisa terpilih sebagai wakil rakyat. Ada yang blusukan, membagi-bagikan kartu nama serta menjelaskan visi misi. Bahkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News