Capai Rp 7.000 per Kilo, Harga Cabai Terjun Bebas

Capai Rp 7.000 per Kilo, Harga Cabai Terjun Bebas
Capai Rp 7.000 per Kilo, Harga Cabai Terjun Bebas
PAGARALAM - Setelah sebelumnya sempat meroket hingga tembus Rp 80 ribu per kilogram (kg), kini harga cabai terus terjun bebas. Seperti di daerah Pagaralam, Sumsel misalnya, sat ini harga "si pedas" itu pun anjlok hingga menyentuh angka Rp 7.000 per kg. Dampaknya, petani cabai pun harus rugi puluhan juta.

"Ini semua sudah resiko yang harus ditanggung. Meski merugi, tetapi saya tetap merawat tanaman cabai dan berharap harganya kembali normal," ujar Pidi (45), petani cabai warga Dusun Tegur Wangi Lama, Kelurahan Pagar Wangi, Kecamatan Dempo Utara.

Menurutnya, untuk modal yang harus dikeluarkan petani, sejauh ini jelas tidaklah sedikit. Di mana rinciannya, satu batang cabai bisa menghabiskan modal Rp 2.500, dengan asumsi mampu menghasilkan 1 kg sampai 1,5 kg dengan harga minimal Rp 10 ribu. "Jika harganya di bawah Rp 10.000 per kilo, sangat sulit bisa mendapatkan untung," ujarnya.

Harga cabai di daerah ini memang belakangan tercatat terus menurun. "Minggu kemarin di kisaran Rp 8.000 per kg, saat ini Rp 7 ribu per kg. Harapan kita harga ini akan naik," ujar sang petani pula.

PAGARALAM - Setelah sebelumnya sempat meroket hingga tembus Rp 80 ribu per kilogram (kg), kini harga cabai terus terjun bebas. Seperti di daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News