Cara BTN Dukung UKM Go Global

Cara BTN Dukung UKM Go Global
Bank BTN. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - PT Bank Tabungan Negara Tbk mengirimkan beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaannya ikut dalam Pameran Indonesia Creative Product Festival (ICPF) 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Direktur Bank BTN R. Mahelan Prabantarikso mengatakan hingga kini perseroan telah ikut mendukung pengembangan produk lokal dengan membina sebanyak hampir 500 UKM di Indonesia.

Ratusan UKM tersebut dibina BTN melalui 10 Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang dikelola perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain memberikan pembinaan, BTN juga membuka akses berbagai UKM tersebut go-online. Hingga kini, sebanyak hampir 300 UKM, telah difasilitasi perseroan untuk go-online melalui situs blanja.com.

"Selain pembinaan dan akses go-online, kali ini kami juga semakin membuka akses produk lokal go-global dengan mengirimkan berbagai UKM binaan kami berpromosi di ajang ICPF 2018. Ke depannya, kami akan terus membantu pengembangan dan promosi UKM lokal sejalan dengan program BUMN Hadir untuk Negeri," ujar Mahelan dalam Penutupan ICPF 2018 di Kuala Lumpur, Minggu (15/4).

Kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan BTN terhadap program pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dalam program RKB yang bertujuan untuk mengembangkan industri kecil dan menengah di daerah agar hidup dan besar di negeri sendiri dengan pendampingan bank agar bisa mandiri dan besar.

“Ke depannya, kami ingin agar UKM binaan Bank BTN tidak hanya diperkenalkan di kancah Asean, tapi juga hingga ke Eropa dan Amerika,” ujar Mahelan.

Adapun, berbagai UKM yang dikirimkan Bank BTN ke ajang promosi di negeri Jiran tersebut di antaranya Omah Wayang, yang merupakan usaha wayang kulit asli binaan RKB Bank BTN di Bantul. BTN juga mengirimkan UKM Sumbersari Batik binaan RKB di Jember yang mengembangkan Batik Khas Jember.

BTN mengirimkan berbagai UKM lokal binaannya ke Ajang ICPF 2018 di Malaysia untuk memperkenalkan produk mereka sehingga bisa bersaing di pasar global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News