Cara Mengenali Psikopat Yang Suka Berbohong

Cara Mengenali Psikopat Yang Suka Berbohong
Cara Mengenali Psikopat Yang Suka Berbohong

jpnn.com - LUPAKAN perangkat lie detector dengan kabel-kabel dan komputer yang semrawut. Mengenali ciri-ciri psikopatik orang yang suka bohong, ternyata tidak serumit itu.

Tanyakan saja pada yang bersangkutan. Ya, semudah itulah cara mengenalinya. Sebuah penelitian di Belanda membuktikan, seseorang yang secara teratur melakukan kebohongan cenderung dengan senang hati akan mengakui kebiasaan buruknya tersebut saat ditanyai.

Tidak seperti orang yang hanya sesekali berbohong, seorang yang sangat terbiasa berbohong punya ciri-ciri psikopatik. Di antaranya adalah kurangnya perasaan bersalah dan penyesalan, sehingga tidak merasa ada masalah untuk mengakui kebohongan-kebohongannya.

Temuan ini diperoleh dari hasil pengamatan pada 527 orang. Dalam pengamatan tersebut, peneliti menanyakan seberapa sering mereka berbohong dalam 24 jam terakhir.

Sebanyak 41 persen mengatakan tidak pernah bohong sama sekali. Dan bila jumlah total kebohongan ditambahkan, terungkap bahwa cuma 5 persen yang mengakui benar-benar bertanggung jawab atas 40 persen kebohongan secara keseluruhan.

Untuk membuktikan apakah para partisipan benar-benar menjawab jujur soal seberapa sering berbohong, mereka diundang untuk menjalani tes di laboratorium. Caranya dengan permainan dadu yang bersifat untung-untungan, yang memberi peluang bagi para partisipan untuk bermain curang.

Ternyata, partisipan yang dalam wawancara mengaku sering berbohong cenderung lebih sering memenangkan permainan yang tidak diawasi tersebut. Menurut peneliti, hal ini menunjukkan bahwa partisipan yang mengaku sering berbohong benar-benar memang tidak jujur.

"Kemungkinan karena pembohong yang sudah sangat terbiasa akan menunjukkan ciri-ciri peikopatik dan karenanya tidak mengalami masalah untuk mengakuinya," kata peneliti Bruno Verschuere, seperti dilansir laman Daily Mail.(fny/jpnn)


LUPAKAN perangkat lie detector dengan kabel-kabel dan komputer yang semrawut. Mengenali ciri-ciri psikopatik orang yang suka bohong, ternyata tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News