JPNN.com

Cara Mudah Mengatasi GERD yang Kambuh

Jumat, 29 Mei 2020 – 21:30 WIB
Cara Mudah Mengatasi GERD yang Kambuh - JPNN.com

jpnn.com - Menjaga pola makan dengan baik merupakan satu cara yang paling bisa dilakukan untuk mencegah GERD muncul. Dokter Alvin Nursalim, Sp.PD mengimbau agar Anda menghindari makanan dengan kandungan lemak tinggi, karena dapat menurunkan kekuatan katup LES dan akhirnya memudahkan naiknya asam lambung.

Dia juga menegaskan, penderita GERD harus menghindari makanan yang mengandung asam tinggi seperti lemon, karena mampu meningkatkan kadar asam dalam tubuh.

“Kalau ada yang mengatakan jeruk nipis, lemon, atau garam mampu mengendalikan asam lambung, sepertinya tidak benar. Karena sejauh yang saya tahu, belum ada penelitian yang membenarkan klaim tersebut. Justru bila memiliki gangguan terkait asam lambung, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang asam,” jelas dr. Alvin.

Anda juga diminta untuk menghindari makan dengan porsi terlalu besar. Hal ini dapat menyebabkan distensi atau peregangan lambung, yang membuat asam dalam lambung mudah naik ke esofagus.

Mengurangi asupan alkohol dan berhenti merokok juga menjadi pola hidup sehat lainnya yang dapat menurunkan risiko GERD. Merokok dan minum alkohol bisa menurunkan kekuatan katup LES.

Selain menjaga pola makan, Anda juga perlu bergerak aktif dan olahraga rutin untuk menjaga berat badan tetap ideal, dan menurunkan risiko terjadinya berbagai penyakit seperti sakit jantung.

“Pengidap GERD dengan berat badan berlebih juga disarankan untuk menurunkan berat badan. Semakin besar tubuh Anda, asam lambung dalam tubuh juga semakin mudah untuk naik,” tambahnya.

Namun, perlu diingat, olahraga dengan intensitas tinggi bisa meningkatkan tekanan intra abdomen yang berpotensi mencetuskan refluks asam. Jadi, hindari olahraga seperti angkat beban, khususnya bila Anda belum berhasil mengontrol gejala GERD dengan baik.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy