Cari Peninggalan Perang Dunia II, 13 Pendaki Hilang di Gunung China

Cari Peninggalan Perang Dunia II, 13 Pendaki Hilang di Gunung China
Ilustrasi wilayah pegunungan di China. Foto: LIU JIN / AFP

jpnn.com, BEIJING - Tiga belas orang yang hilang di Gunung Changshan, Provinsi Yunnan, China, sejak Kamis (12/5) diyakini sebagai tim pencari pesawat angkut militer yang jatuh pada masa Perang Dunia II.

Dua tim pencari sejak Sabtu pagi dikerahkan ke obyek wisata alam terpopuler di Kota Dali, Provinsi Yunnan, wilayah barat daya China itu.

Sebelumnya diberitakan ke-13 orang tersebut melakukan pendakian tanpa izin dari otoritas setempat dengan melewati pos tanpa penjagaan.

Hingga kini, tujuh orang dari mereka sudah berhasil dihubungi oleh tim pencari, sedangkan enam lainnya belum diketahui nasibnya.

Seorang pemandu wisata lokal dan anggota organisasi penyelamat sipil menemani perjalanan mereka.

Di antara pendaki yang hilang itu terdapat nama Sun Chunlong, mantan jurnalis dan pemrakarsa acara amal "Veteran Pulang".

Sun dan teman-temannya mendaki Gunung Changshan untuk mencari pesawat angkut militer yang hilang kontak dan jatuh sekitar 80 tahun lalu.

Pada era Perang Dunia II, ratusan pesawat angkut buatan Amerika Serikat jatuh atau hilang dalam penerbangan dari India ke China melalu ujung timur Pegunungan Himalaya, rute penerbangan berbahaya yang dikenal dengan nama The Hump. 

Tiga belas pendaki yang hilang di Gunung Changshan, China, ternyata punya misi mengungkap misteri era Perang Dunia II

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News