Catat, Ini Prediksi BMKG soal Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan

Catat, Ini Prediksi BMKG soal Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan
Awan hitam menyelimuti langit Jakarta, Senin (23/12) lalu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia bakal berlangsung selama sepekan ke depan. Cuaca ekstrem itu akan melanda wilayah Sumatera hingga Papua.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R Prabowo mengatakan, indikasi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan dipicu adanya fenomena atmosfer skala regional hingga lokal. Yaitu aktifnya Monsun Asia yang menyebabkan peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Selanjutnya, ada perlambatan kecepatan angin di beberapa wilayah, sementara suhu permukaan laut di sekitar wilayah perairan yang cukup hangat menambah pasokan uap air cukup tinggi untuk mendukung pembentukan awan hujan. Kondosi itu ditambah fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem, curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Mulyono melalui layanan pesan, Rabu (1/1).

BMKG memprakirakan pada periode 1 Januari sampai 4 Januari curah hujan tinggi akan mengguyur Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Selanjutnya potensi curah hujan tinggi periode 5 Januari - 7 Januari 2020 meliputi wilayah Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Mulyono mengatakan, cuaca ekstrem itu akan memicu banjir bandang, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. Oleh karena itu BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati.(tan/jpnn)

BMKG memprediksi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia bakal berlangsung selama sepekan ke depan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News